MENGAPA MURID-MURID YESUS MULA-MULA MENGANGGAP YESUS SEBAGAI HANTU

MENGAPA MURID-MURID YESUS MULA-MULA MENGANGGAP YESUS SEBAGAI HANTU

by Penjaga Kitabullah on Sunday, November 4, 2012 at 12:37pm ·

PublicFriendsOnly MeCustomClose FriendsFamilySee all lists…AcquaintancesGo Back

 

MENGAPA MURID-MURID YESUS MULA-MULA MENGANGGAP YESUS SEBAGAI HANTU

 

PADA SAAT MEREKA BERJUMPA DENGAN NYA, SETELAH ISSUE PENYALIBAN TERJADI ?

 

1. Karena dia dianggap bukan tuhan melainkan manusia biasa seperti mereka, sehingga mereka beranggapan Yesus adalah hantu, karena mereka beranggapan bahwa Yesus hidup lagi setelah di salibkan

 

2. Ada issue bahwa dia habis mengalami kematian tetapi kok terus muncul…..sehingga mereka kaget ketika berjumpa lagi, seandainya saja mereka menganggap dan tahu bahwa Yesus adalah Tuhan, tentu mereka tidak akan kaget apalagi menyangka Yesus adalah hantu. (karena tentu tudak ada (“Hantu Tuhan”)

 

 

KENYATAANNYA KEDUA HAL TERSEBUT DISANGKAL OLEH YESUS. 

 

1 Murid-muridnya menganggap yesus sbg hantu, berarti mereka sebelumnya tidak pernah mengganggap yesus sebagai tuhan, karena bila mereka menganggap Yesus sebagai Tuhan sejak awal, maka Yesus tidak akan pernah menjadi Hantu walaupun sudah pernah mati. Tidaklah mungkin seorang Tuhan menjadi Hantu apapun alasannya

 

2. Lagian lalu Yesus sibuk menunjukkan dan membuktikan bahwa dirinya bukan hantu, yang tetap memiliki daging dan tulang bahkan dapat memakan ikan goreng kesukaannya seperti biasa, sehingga murid-muridnya pun menjadi gembira, karena lalu memahami bahwa Gurunya selamat dari penyaliban. Adalah tidak masuk akal kalau murid-muridnya begitu gembira bila sejak awal mereka tahu bahwa Yesus adalah Tuhan. Sungguh tidaklah aneh apalagi memerlukan pembuktian bila memang Yesus itu tuhan.

 

Jadi murid-murid Yesus bergembira karena apa? 

 

KARENA TAHU BAHWA GURUNYA BUKAN HANTU, ALIAS SELAMAT, DAN SAMA SEKALI BUKAN TUHAN….

 

 

SEKARANG SAYA UARAIKAN DASAR PENALARAN AKAN HAL TERSEBUT DIATAS SATU-PERSATU

 

 

satu

 

Kalau seseorang disangka hantu, pastilah yang menyangkanya berkeyakinan bahwa seseorang yang disangkan hantu tersebut bukanlah tuhan (ini dasar pemikiran yang terpenting). Dengan kata lain, semua murid-murid Yesus tidak ada yang menganggap Yesus adalah Tuhan. Karena apapun yang terjadi tidaklah mungkin murid-muridnya akan mengira Yesus hantu bila mereka sebelumnya meyakini bahwa Yesus adalah seorang Tuhan.

 

dua

 

Dari dasar pemikiran yang pertama, karena Yesus lalu dianggap hantu oleh murid-muridnya, maka berarti murid-murid Yesus menyangka bahwa Yesus (yang manusia biasa telah mati dan bangkit lagi). Tetapi kenyataanya pun tidak demikian karena Yesus dengan susah payah berusaha membantahnya dengan bukti-bukti yang meyakinkan bahwa dirinya bukanlah Hantu. (Seorang tuhan tidaklah perlu sibuk membuktikan bahwa dirinya adalah bukan hantu)

 

tiga

 

Kalaupun Akhirnya lalu Yesus bercerita pada ayat ke 46, bahwa Yesus harus menderita dan bangkit pada hari ke 3. dan didukung dengan nubuatan yang mirip kejadian Nabi Yunus. maka semakin jelas bahwa 3 hari Yesus menghilang tersebut bukanlah berarti mati, lalu hidup lagi. Tetapi bersembunyi, ataupun disembunyikan oleh Allah untuk sementara waktu, lalu setelah situasi aman Yesus muncul kembali menemui murid-muridnya, sehingga mereka gembira, melihat gurunya selamat, tidak menjadi hantu dan tidak menjadi tuhan.

 

Ke 3 poin penalaran inilah inti terpenting dari kisah yang saya ulas diatas, bukan sekedar lelucon ada tuhan disangka hantu.

 

 

BERIKUT SAYA NUKILKAN KISAH TERSEBUT SELENGKAPNYA….KETIKA MURID-MURID YESUS MENYANGKA NYA SEBAGAI HANTU…

 

 

YESUS PERNAH DISANGKA HANTU

 

Lukas 24

 

36* ¶ Dan sementara mereka bercakap-cakap tentang hal-hal itu, Yesus tiba-tiba berdiri di tengah-tengah mereka dan berkata kepada mereka: “Damai sejahtera bagi kamu!”

 

37* Mereka terkejut dan takut dan menyangka bahwa mereka melihat hantu.

 

 

YESUS MENYANGKAL DIRINYA DIANGGAP HANTU….

 

Lukas 24

 

39 Lihatlah tangan-Ku dan kaki-Ku: Aku sendirilah ini; rabalah Aku dan lihatlah, karena hantu tidak ada daging dan tulangnya, seperti yang kamu lihat ada pada-Ku.”

 

40 Sambil berkata demikian, Ia memperlihatkan tangan dan kaki-Nya kepada mereka.

 

 

MASIH MELIHAT KERAGUAN MURID-MURIDNYA, LALU YESUS MEMBUAT ATRAKSI MAKAN IKAN GORENG, BARU MURIDNYA SADAR BAHWA YESUS BUKANLAH HANTU KARENA MASIH MEMILIKI DAGING DAN TULANG, DAN YESUS TIDAK PERNAH MATI

 

Lukas 24

 

41* Dan ketika mereka belum percaya karena girangnya dan masih heran, berkatalah Ia kepada mereka: “Adakah padamu makanan di sini?”

 

42 Lalu mereka memberikan kepada-Nya sepotong ikan goreng.

 

43 Ia mengambilnya dan memakannya di depan mata mereka.

 

https://www.facebook.com/notes/penjaga-kitabullah/mengapa-murid-murid-yesus-mula-mula-menganggap-yesus-sebagai-hantu/365496496876333

 

YANG TRAGIS ADALAH, SEMENTARA DI DALAM ALKITAB SALAH SATU MUKJIZAT ANDALAN YESUS ADALAH “PEMBURU HANTU”, MALAH NASIB SIAL MENIMPA DIRINYA SENDIRI, SEHINGGA LALU DISANGKA HANTU OLEH MURID-MURIDNYA

 

ALKITAB, YESUS DAN PEMBURU HANTU

https://www.facebook.com/notes/penjaga-kitabullah/alkitab-yesus-dan-pemburu-hantu/334629476629702

 

 

Baca juga ulasan saya berikut

 

MURID-MURID YESUS PERNAH MENGIRA YESUS ADALAH HANTU

https://www.facebook.com/notes/penjaga-kitabullah/murid-murid-yesus-pernah-mengira-yesus-adalah-hantu-sementara-murid-murid-paulus/319300571495926

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s