APA DOSA PARA NABI SEHINGGA MEREKA SELALU MEMOHON AMPUNAN ALLAH ?

APA DOSA PARA NABI SEHINGGA MEREKA SELALU MEMOHON AMPUNAN ALLAH ?

by Penjaga Kitabullah on Monday, November 5, 2012 at 3:42pm ·
 

PublicFriendsOnly MeCustomClose FriendsFamilySee all lists…AcquaintancesGo Back

 

APA DOSA PARA NABI SEHINGGA MEREKA SELALU MEMOHON AMPUNAN ALLAH ?

 

Di dalam ajaran Islam, Allah mengajarkan agar orang-orang beriman selalu bertakwa dengan menjalankan semua perintah Allah dan menghindari semua Larangan Allah. Tetapi bila hanya mengandalkan amal perbuatan manusia saja maka manusia tidak akan selamat. Yang bisa menyelamatkan manusia adalah Rahmat Allah dan Ampunannya. Hal tersebut tampak jelas dari hadis berikut ini.

 

صحيح مسلم ٥٠٣٨: حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ الْمُثَنَّى حَدَّثَنَا ابْنُ أَبِي عَدِيٍّ عَنْ ابْنِ عَوْنٍ عَنْ مُحَمَّدٍ عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ قَالَ

قَالَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ لَيْسَ أَحَدٌ مِنْكُمْ يُنْجِيهِ عَمَلُهُ قَالُوا وَلَا أَنْتَ يَا رَسُولَ اللَّهِ قَالَ وَلَا أَنَا إِلَّا أَنْ يَتَغَمَّدَنِيَ اللَّهُ مِنْهُ بِمَغْفِرَةٍ وَرَحْمَةٍ

وَقَالَ ابْنُ عَوْنٍ بِيَدِهِ هَكَذَا وَأَشَارَ عَلَى رَأْسِهِ وَلَا أَنَا إِلَّا أَنْ يَتَغَمَّدَنِيَ اللَّهُ مِنْهُ بِمَغْفِرَةٍ وَرَحْمَةٍ

Shahih Muslim 5038: 

…dst. Nabi Shallallahu ‘alaihi wa Salam bersabda: “Tidaklah seorang pun dari kalian yang diselamatkan oleh amalnya.” Seseorang bertanya: Tuan juga, wahai Rasulullah? beliau menjawab: “Tidak juga aku, kecuali bila Allah melimpahkan ampunan dan rahmat padaku.” 

 

 

Allah selalu mengajarkan kepada para nabi dan rasul utusannya, agar selalu berserah diri, berdoa dan memohin ampunan Nya. Memohon ampunan tersebut bukan karena para nabi dan orangorang beriman tersebut telah melakukan kesalahan atau dosa. Karena mungkin banyak hal yang kita tidak sengaja dan tidak tahu, yang sesungguhnya merupakan perbuatan dosa di dalam pandangan Allah. Untuk itulah para Nabi dan Rasul utusan Allah selalu memohon ampunan Allah setiap kali mereka berdoa. Jadi memohon ampunan Allah, bagi para nabi dan orang-orang beriman adalah sebagai wujud ketakwaan, dan permohonan agar Allah memberikan Rahmat Nya. Bukan lalu di artikan secara vulgar bahwa para nabi tersebut telah banyak melakukan perbuatan dosa. 

 

Hal ini sangat jelas bila kita menyimak ayat-ayat AlQuran di dalam surat An-Nasr berikut ini. Di dalam Ayat AlQuran tersebut Allah memerintahkan agar orang-orang beriman bertasbih dengan memuji Tuhan dan memohon Ampunan Nya. Bila ampunan selalu diartikan karena telah melakukan perbuatan dosa, lalu dosa apa yang telah dilakukan oleh orang-orang beriman pada ayat-ayat surat An-Nasr tersebut ? Coba kita simak pelan-pelan dengan hati yang bersih ayat-ayat tersebut…

 

Sura: An-Nasr

 

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَٰنِ الرَّحِيمِ

 

إِذَا جَاءَ نَصْرُ اللَّهِ وَالْفَتْحُ [١١٠:١]

Apabila telah datang pertolongan Allah dan kemenangan,

﴿١﴾

 

وَرَأَيْتَ النَّاسَ يَدْخُلُونَ فِي دِينِ اللَّهِ أَفْوَاجًا [١١٠:٢]

dan kamu lihat manusia masuk agama Allah dengan berbondong-bondong,

﴿٢﴾

 

فَسَبِّحْ بِحَمْدِ رَبِّكَ وَاسْتَغْفِرْهُ ۚ إِنَّهُ كَانَ تَوَّابًا [١١٠:٣]

maka bertasbihlah dengan memuji Tuhanmu dan mohonlah ampun kepada-Nya.Sesungguhnya Dia adalah Maha Penerima taubat.

﴿٣﴾

 

 

Disinilah letak perbedaan pemikiran orang-orang beriman dengan orang-orang kafir. Bila orang yang beriman, belum lagi melakukan dosa saja sudah diperintahkan untuk selalu memohon ampunan Allah, sebagai bukti ketakwaan dan harapan akan Rahmat Nya, tentu juga karena sangat menyadari, bahwa sebagai manusia yang lemah dan cenderung berbuat dosa, mungkin kita tanpa sengaja telah melakukannya. Disitulah kegunaan dari “Memohon Ampunan Allah” disetiap saat dan setiap waktu.

 

2 Tawarikh 7

 

(14) dan umat-Ku, yang atasnya nama-Ku disebut, merendahkan diri, berdoa dan mencari wajah-Ku, lalu berbalik dari jalan-jalannya yang jahat, maka Aku akan mendengar dari sorga dan mengampuni dosa mereka, serta memulihkan negeri mereka.

 

 

BAHKAN YESUS JUGA MENGAJARKAN HAL YANG SAMA, AGAR UMAT MANUSIA SELALU BERUSAHA MERENDAHKAN DIRINYA DIHADAPAN ALLAH

 

Mt 18:4* Sedangkan barangsiapa merendahkan diri dan menjadi seperti anak kecil ini, dialah yang terbesar dalam Kerajaan Sorga.

 

Mt 23:12* Dan barangsiapa meninggikan diri, ia akan direndahkan dan barangsiapa merendahkan diri, ia akan ditinggikan.

 

Lu 14:11* Sebab barangsiapa meninggikan diri, ia akan direndahkan dan barangsiapa merendahkan diri, ia akan ditinggikan.”

 

Lu 18:14* Aku berkata kepadamu: Orang ini pulang ke rumahnya sebagai orang yang dibenarkan Allah dan orang lain itu tidak. Sebab barangsiapa meninggikan diri, ia akan direndahkan dan barangsiapa merendahkan diri, ia akan ditinggikan.”

 

 

ALLAH DI DALAM ALQURAN JUGA LALU MEMBENARKAN BAHWA , PERMOHONAN AMPUN YANG DILAKUKAN OLEH PARA NABI TERSEBUT ADALAH SIKAP YANG SANGAT BAIK DAN TERPUJI, DALAM KETAATAN DAN SIKAP MERENDAHKAN DIRI KEPADA ALLAH. BERHARAP AKAN RAHMAT DAN RIDLONYA, BUKANLAH LANTARAN SUNGGUH-SUNGGUH TELAH BERBUAT DOSA.

 

QS 38:45-49

 

وَاذْكُرْ عِبَادَنَا إِبْرَاهِيمَ وَإِسْحَاقَ وَيَعْقُوبَ أُولِي الْأَيْدِي وَالْأَبْصَارِ [٣٨:٤٥]

Dan ingatlah hamba-hamba Kami: Ibrahim, Ishaq dan Ya’qub yang mempunyai perbuatan-perbuatan yang besar dan ilmu-ilmu yang tinggi.

﴿٤٥﴾

 

إِنَّا أَخْلَصْنَاهُم بِخَالِصَةٍ ذِكْرَى الدَّارِ [٣٨:٤٦]

Sesungguhnya Kami telah mensucikan mereka dengan (menganugerahkan kepada mereka) akhlak yang tinggi yaitu selalu mengingatkan (manusia) kepada negeri akhirat.

﴿٤٦﴾

 

وَإِنَّهُمْ عِندَنَا لَمِنَ الْمُصْطَفَيْنَ الْأَخْيَارِ [٣٨:٤٧]

Dan sesungguhnya mereka pada sisi Kami benar-benar termasuk orang-orang pilihan yang paling baik.

﴿٤٧﴾

 

وَاذْكُرْ إِسْمَاعِيلَ وَالْيَسَعَ وَذَا الْكِفْلِ ۖ وَكُلٌّ مِّنَ الْأَخْيَارِ [٣٨:٤٨]

Dan ingatlah akan Ismail, Ilyasa’ dan Zulkifli. Semuanya termasuk orang-orang yang paling baik.

﴿٤٨﴾

 

هَٰذَا ذِكْرٌ ۚ وَإِنَّ لِلْمُتَّقِينَ لَحُسْنَ مَآبٍ [٣٨:٤٩]

Ini adalah kehormatan (bagi mereka). Dan sesungguhnya bagi orang-orang yang bertakwa benar-benar (disediakan) tempat kembali yang baik,

﴿٤٩﴾

 

 

Sementara sebaliknya, orang-orang kafir, jangan kan tidak merasa berbuat dosa lalu mau memohon ampun, sedangkan jelas-jelas telah melakukan banyak dosa saja, bukannya memohon ampunan Allah, malahan membanggakan penebusan dosa yang dilakukan oleh tuhan ? Bukannya merendahkan diri dengan meminta ampunan Allah tetapi malahan merendahkan tuhan ?

 

Coba kita lihat ajaran kristen berikut ini, bahkan tuhan lah yang disuruh merendahkan diri Nya, demi dosa-dosa yang telah mereka lakukan.

 

Filipi 2 TB

 

8* Dan dalam keadaan sebagai manusia, Ia telah merendahkan diri-Nya dan taat sampai mati, bahkan sampai mati di kayu salib.

 

 

BAHKAN PAULUS LALU MERASA CEMAS BAHWA KELAK ALLAH AKAN MERENDAHKAN NYA DI HADAPAN UMAT MANUSIA ?

 

2 Korintus 12 TB

 

21* Aku kuatir, bahwa apabila aku datang lagi, Allahku akan merendahkan aku di depan kamu, dan bahwa aku akan berdukacita terhadap banyak orang yang di masa yang lampau berbuat dosa dan belum lagi bertobat dari kecemaran, percabulan dan ketidaksopanan yang mereka lakukan.

 

 

Mengapa paulus cemas?, karena dia telah mengarang-ngarang ajaran yang bahkan menyesatkan umat manusia, bukannya mengajarkan agar umat manusia selalu memohon ampunan Allah, malahan membuat teori dan pengajaran yang menghinakan dan merendahkan “Tuhan” ?

 

Efesus 5

 

(2) dan hiduplah di dalam kasih, sebagaimana Kristus Yesus juga telah mengasihi kamu dan telah menyerahkan diri-Nya untuk kita sebagai persembahan dan korban yang harum bagi Allah.

 

Galatia 3

 

(13) Kristus telah menebus kita dari kutuk hukum Taurat dengan jalan menjadi kutuk karena kita, sebab ada tertulis: “Terkutuklah orang yang digantung pada kayu salib!” 

 

 

https://www.facebook.com/notes/penjaga-kitabullah/apa-dosa-para-nabi-sehingga-mereka-selalu-memohon-ampunan-allah-/365958236830159

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s